Pada musim panas ini, suhu Kota Moskow mencapai 37,4 derajat Celsius. Suhu itu merupakan suhu tertinggi sejak 130 tahun terakhir!

'Rekor sepanjang waktu telah terpecahkan. Kita tidak pernah mencapai rekor sepanas ini sebelumnya. Rekor terbaru akan dicapai pada Rabu (29/7),' ujar Kepala Deputi Badan Cuaca Rusia Gennady Yeliseye, seperti dilansir Reuters, Selasa (27/7/2010).

Yeliseye menjelaskan, suhu terpanas di Kota Moskow sebelumnya adalah 36,8 derajat Celsius pada 7 Agustus 1920.

Rumah tangga di Moskow yang terbiasa dengan suhu minus itu harus berjuang keras dengan panas kali ini. Mayoritas toko elektronik menjual kipas angin dan AC. Beberapa kafe menjual es dan bir dingin saat sore hari.

Para perempuan di Lapangan Merah terlihat menggunakan payung untuk melindungi mereka dari sinar matahari. Para blogger mulai mengeluh tentang para pelancong yang bertelanjang dada di kereta metro.

'Musim panas ini sangat berat, secara fisik dan emosional,' ujar seorang akuntan Marina Veselkova, yang mencoba mendinginkan badannya di bawah air mancur depan Bolshoi Teater.

'Sangat buruk. Saya pergi ke pantai di akhir pekan tapi sangat sulit untuk berenang karena airnya sangat panas,' ujar Alexander, seorang kurir.

Gelombang panas memang sedang melanda Rusia yang berada di kawasan Eropa dan Siberia sejak Juni 2010 lalu, menghancurkan tanaman pangan seluas kawasan Portugal. Kelompok lingkungan seperti Greenpeace mengatakan bahwa hal ini bukti nyata dari pemanasan global"